Sikap dan Perilaku Wirausaha




Sikap dan Perilaku Wirausaha

Sikap dan perilaku seorang wirausaha tentu berbeda dengan sikap dan perilaku orang yang bukan wirausaha. Simak uraian berikut tentang sikap dan perilaku wirausaha.
A. MANDIRI
Seseorang dikatakan mandiri apabila orang tersebut dapat melakukan keinginan dengan baik tanpa adnaya ketergantungan dengan pihak lain dalam mengambil tindakan atau bertindak. Termasuk mencakupi kebutuhan hidupnya , tanpa ada ketergantungan dengan pihak lain.
B. BERKOMITMEN TINGGI
Komitmen adalah kesepakatan mengenai suatu hal yang dibuat oleh seseorang, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Dalam melaksanakan kegiatannya,seorang wirausahawan harus memiki komitmen yang jelas , terarah, dan bersifat progesif(berorentiasi pada kemajuan )

C. MENJUJUNG TINGGI KEJUJURAN
Kejujuran merupakan landasan moral yang terkadang dilupakan oleh seorang wirausaha. Kejujuran dalam berperilaku besifat kompleks. Kejujuran mengenai karakteristik produk(barang dan jasa) yang ditawarkan, kejujuran mengenai promosi yang dilakukan, kejujuran mengenai pelayanan purna jual yang di janjikan , dan kejujuran mengenai segala kegiatan yang terkait dengan penjualan produk .

D. MEMILKI KEDISIPLINAN TINGGI
Dalam melaksanakan kegiatannya, seorang wirausaha harus memiliki kedisiplinan tinggi. Arti kata disiplin adalah ketetapan komitmen seorang wirausaha terhadap tugas dan pekerjaannya. Ketetapan yang dimaksud bersifat menyeluruh, yaitu ketetapan terhadap waktu, kualitas pekerjaan , sistem kerja, dan sebagainya.

E.  MEMILIKI DAYA KREATIVITAS YANG TINGGI
Untuk memenangkan persaingan, maka seorang wirausaha harus memiliki daya kreativias yang tinggi. Daya kreativitas harus dilandasi oleh cara berfikir yang maju, penuh dengan gagasan-gagasan baru yang berbeda dengen produk-produk yang telah ada.

F.   BERSIFAT REALISTIS
Seorang dikatakan realisitis bila orang tersebut mampu menggunakan fakta sebagai landasan berfikir yang rasionil dalam setiap pengambilan keputusan dan perbutannya



😍selamat membaca😍

Comments

Popular Posts